digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Saat ini, masyarakat diharapkan dapat melakukan aktivitas tanpa tatap muka, termasuk aktivitas perbankan. Oleh karena itu, perbankan harus menyediakan aplikasi dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pada laporan ini dilakukan perancangan interaksi mobile banking dengan User-Centered Design (UCD) untuk membuat desain interaksi yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Desain interaksi yang dibuat adalah mobile banking Bank BJB yaitu bjb DIGI. UCD terdiri dari 4 fase yang dilakukan secara iteratif. Tahap pertama yaitu memahami konteks penggunaan, dengan wawancara dan pembuatan persona. Tahap kedua yaitu mendefinisikan kebutuhan pengguna, dengan identifikasi permasalahan pengguna, analisis kompetitif, dan penentuan usability dan user experience goals. Berdasarkan tahap-tahap yang sudah dilakukan, disimpulkan fitur yang dibutuhkan pengguna yaitu Log In dan Log Out, Biometric Log In, Cek Saldo, Cek Riwayat Transaksi, Transfer, Pembayaran, Pembelian, QR Payment, Cardless, Pengaturan Akun, Shortcut Menu, dan Favorit. Tahap ketiga yaitu membuat desain solusi, dengan pembuatan skenario pengguna, penentuan komponen desain, dan pembuatan wireframe dan desain final. Pada tahap ini ditentukan komponen desain yang akan digunakan, yaitu warna dan font. Selain itu, juga ditentukan interaksi yang akan digunakan, yaitu single tap dan drag. Tahap terakhir yaitu evaluasi berdasarkan kebutuhan. Evaluasi dilakukan pada wireframe terlebih dahulu, dengan System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui usability rancangan. Hasil evaluasi dijadikan dasar perbaikan untuk pembuatan desain final. Selanjutnya, pada desain final juga dilakukan evaluasi dengan SUS dan uji skenario. Hasil evaluasi desain final yaitu rancangan dapat digunakan dengan baik dengan skor SUS 95. Rancangan memenuhi usability goals yaitu efektif untuk digunakan dan mudah untuk dipelajari. Rancangan juga memenuhi user experience goals yaitu satisfying dan helpful.