digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Deliana Martha Manurung
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Pembelajaran Matematika seringkali hanya berfokus pada angka, rumus dan berhitung sehingga banyak siswa hanya dapat menyelesaikan soal tanpa memahami konsepnya. Padahal di zaman digital saat ini, sudah banyak teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematika. Contohnya terjadi pada topik penyelesaian persamaan kuadrat. Siswa dapat melakukan manipulasi simbol, namun tidak memahami makna dari setiap tahapan yang dilakukan. Hal ini menyebabkan pemahaman konsep siswa menjadi rendah. Persamaan kuadrat adalah salah satu topik Matematika dalam bidang aljabar. Berbicara tentang aljabar, tentu saja sangat berkaitan dengan angka dan simbol. Dalam penelitian ini, siswa diajak untuk menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan visualisasi matematika. Dalam suatu penelitian, otak manusia terbukti melakukan pemrosesan visual saat seseorang sedang memproses pengerjaan matematika dalam otaknya. Visualisasi matematika akan mempermudah cara kerja otak dan membantu seseorang semakin memahami matematika. Penelitian ini akan menunjukkan pengaruh visualisasi matematika dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada topik penyelesaian persamaan kuadrat. Selain itu, penelitian ini memberikan alternatif rancangan pembelajaran tentang topik penyelesaian persamaan kuadrat. Rancangan ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.