Perkembangan teknologi yang terus meningkat mempengaruhi berbagai industri
dalam melakukan pengembangan dengan melakukan digitalisasi, salah satunya
adalah pada financial industri. Digitalisasi ini dapat dilakukan dengan berbagai
cara seperti mengadopsi digital aplikasi. Salah satu perusahaan yang mengadopsi
digital aplikasi ini adalah PT Adira Dinamika Multifinance Tbk., yang
mengeluarkan aplikasi bernama Adiraku. Namun tingkat dari adopsi digital
aplikasi ini masih relatif rendah jika dilihat dari ketidakpuasan konsumen atas
permasalahan yang terjadi pada aplikasi dan dibuktikan juga oleh rating dan
review yang diberikan oleh konsumen. Sehingga penelitian ini bermaksud untuk
mengetahui bagaimana adopsi digital aplikasi Adiraku, faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi niat orang dalam menggunakan aplikasi Adiraku, dan untuk
menghadirkan prespektif baru terkait adopsi digital aplikasi dari penelitian
sebelumnya dengan menggunakan model teori UTAUT II. Studi ini mengukur
pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating
condition, hedonic motivation, price value, habit, behavioral intention, faktor
moderasi pengalaman, dan juga umur dalam menggunakan aplikasi Adiraku.
Penelitian ini mengunakan metode kuesioner survei yang dianalis menggunakan
PLS-SEM dan metode wawancara semi terstruktur, lalu ditemukan bahwa hedonic
motivation, price value, habit, dan social influence berpengaruh secara signifikan
terhadap behavioral intention. Selain itu facilitating condition dan behavioral
intention juga berpengaruh secara signifikan terhadap actual usage. Untuk faktor
moderasi, secara signifikan umur memoderasi hubungan antara behavioral
intention dan actual usage, pengalaman memoderasi hubungan antara price value
dan behavioral intention. Penelitian ini juga memberikan wawasan untuk
pengadopsi aplikasi Adiraku berdasarkan penilaian konsumen dalam memahami
faktor-faktor yang dapat mendorong niat pengguna untuk menggunakan aplikasi
Adiraku dan membantu dalam meningkatkan tingkat adopsi aplikasi Adiraku.
Kata Kunci: Adopsi Konsumen, Niat Perilaku, Adiraku, UTAUT II, PLS-SEM