digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP ZOE LARASATI 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Indonesia memiliki keberagaman budaya berperan penting dalam yang terbentuknya identitas sebagai warga negara Indonesia, terutama bagi remaja yang masih banyak belajar mengenai keberagaman budaya tersebut. Namun berdasarkan data, pengenalan budaya tersebut dalam cara formal dinilai kurang efektif jika hanya melalui metode yang kurang mudah dicerna, yaitu dengan membaca dan menghafalkan nama dan tempat. Perlu metode penyampaian untuk remaja yang dibungkus secara lebih relevan dan menarik, dengan pendekatan yang bersifat interaktif. Untuk menjawab kebutuhan ini, diberikan solusi alternatif berupa permainan interaktif. Permainan interaktif hadir dalam wujud board game karena dapat memberikan simulasi terhadap pemainnya dan menjadikan sarana untuk menyalurkan pengetahuan, nilai, keyakinan, dan sikap serta moral. Penelitian ini melibatkan komunitas board game di Indonesia sebagai stakeholder dan sumber konten, sementara penelitian berperan sebagai konsultan desain produk.