digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK - ADZHANI ZALFA ALIYADIN
PUBLIC Didin Syafruddin Asa, S.Sos

COVER Adzhani Zalfa Aliyadin
PUBLIC Didin Syafruddin Asa, S.Sos

BAB 1 Adzhani Zalfa Aliyadin
Terbatas  Didin Syafruddin Asa, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Adzhani Zalfa Aliyadin
Terbatas  Didin Syafruddin Asa, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Adzhani Zalfa Aliyadin
Terbatas  Didin Syafruddin Asa, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Adzhani Zalfa Aliyadin
Terbatas  Didin Syafruddin Asa, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Adzhani Zalfa Aliyadin
Terbatas  Didin Syafruddin Asa, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Adzhani Zalfa Aliyadin
Terbatas  Didin Syafruddin Asa, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

ANALISIS DAN PERANCANGAN MOTOR BRUSHLESS DC 250 WATT UNTUK SEPEDA LISTRIK PERKOTAAN Adzhani Zalfa Aliyadin ABSTRAK Sepeda listrik telah menjadi salah satu mode kendaraan yang meningkat popularitasnya beberapa tahun kebelakang. Motor BLDC, sebagai salah satu komponen utama sepeda listrik, perlu diteliti untuk didapatkan desain yang paling baik untuk digunakan pada sepeda listrik. Pada tugas akhir ini, dilakukan penelitian terkait desain winding atau pembelitan dari motor BLDC untuk sepeda listrik. Digunakan sebuah BLDC hub motor keluaran Bafang sebagai desain referensi, yang memiliki jumlah konfigurasi slot-pole 18 slot-20 pole, dan dilakukan proses reverse-engineering untuk mendapatkan desain yang lebih optimal. Dilakukan analisis terkait pengaruh dari masing-masing parameter winding terhadap performansi motor. Berdasarkan analisis ini, diajukan tiga opsi desain yang memenuhi kriteria motor untuk sepeda listrik. Kriteria motor untuk sepeda listrik ditentukan dari kebutuhan pengendara, peraturan pemerintah, serta batasan-batasan fisika. Dipilih sebuah desain winding motor yang memenuhi kriteria yang ditentukan dan paling mudah untuk dilakukan. Dilakukan perbandingan performa desain usulan dengan desain referensi. Terakhir, dilakukan analisis distribusi fluks magnetik untuk desain yang diajukan. Berdasarkan percobaan, didapatkan bahwa desain usulan memiliki performansi yang lebih baik dibandingkan desain referensi. Didapatkan bahwa desain usulan memiliki kemampuan menghasilkan daya konstan 250 watt untuk jangkauan kecepatan yang lebih lebar, serta memiliki efisiensi yang lebih tinggi. Kata kunci: BLDC, sepeda listrik, desain winding, analisis FEM.