digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Arung Agamani Budi Putera
PUBLIC Alice Diniarti

Tingginya minat pada teknologi yang dapat diakses dari mana saja melalui peramban internet membuat tuntutan atas peningkatan kinerja pada aplikasi-aplikasi berbasis web meningkat pesat. Hal ini menginisiasi pengembangan teknologi baru bernama WebGPU, yang dapat memberi akses terhadap komputasi berkinerja tinggi pada peramban internet. Eksplorasi terhadap teknologi ini perlu dilakukan untuk melihat potensi kinerja dan melihat pengalaman dalam pengembangan aplikasi yang menggunakan GPU pada peramban internet. Laporan ini membahas implementasi algoritma path tracing menggunakan Web- GPU. Algoritma ini dipilih sebagai salah satu algoritma yang dapat diparalelisasikan. Diperoleh hasil berupa kinerja WebGPU yang sedikit lebih buruk dengan acuan implementasi pada WebGL, dengan implementasi pada fragment shader lebih lambat 33.3% dan 37.12% pada compute shader. Hal ini disebabkan oleh API yang belum mencakup kontrol yang lebih spesifik terhadap penggunaan shared memory dan command buffer.