Tingginya minat pada teknologi yang dapat diakses dari mana saja melalui peramban
internet membuat tuntutan atas peningkatan kinerja pada aplikasi-aplikasi berbasis
web meningkat pesat. Hal ini menginisiasi pengembangan teknologi baru
bernama WebGPU, yang dapat memberi akses terhadap komputasi berkinerja tinggi
pada peramban internet. Eksplorasi terhadap teknologi ini perlu dilakukan untuk
melihat potensi kinerja dan melihat pengalaman dalam pengembangan aplikasi yang
menggunakan GPU pada peramban internet.
Laporan ini membahas implementasi algoritma path tracing menggunakan Web-
GPU. Algoritma ini dipilih sebagai salah satu algoritma yang dapat diparalelisasikan.
Diperoleh hasil berupa kinerja WebGPU yang sedikit lebih buruk dengan acuan
implementasi pada WebGL, dengan implementasi pada fragment shader lebih
lambat 33.3% dan 37.12% pada compute shader. Hal ini disebabkan oleh API yang
belum mencakup kontrol yang lebih spesifik terhadap penggunaan shared memory
dan command buffer.