digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TS PP AMIRUL MUMININ 1.pdf ]
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Indonesia di tahun 2021 memiliki 191 pahlawan, penelitian ini berfokus pada pahlawan nasional ke-185, Himayatuddin Muhammad Saidi dari Sulawesi Tenggara dinobatkan pada 7 November 2019. Pahlawan ini belum banyak dikenal oleh Generasi-Z sekitar 75 juta orang di Indonesia. Masih kurangnya kegiatan dan media dan informasi untuk memperkenalkan pahlawan ini yang sesuai preferensi Gen-Z. Salah satu media populer adalah game sebagai media pembelajaran dengan kemampuan menambah motivasi dan audiovisual yang diperlukan Gen-Z untuk belajar melalui smartphone sebagai ciri khas mereka. Sebelum perancangan, diteliti preferensi game heroik terhadap 4 jenis game oleh Gen-Z. Preferensi dominan adalah genre Strategy dengan skor rata-rata (71,25), Action (69,94), RPG (67,09), dan Adventure (63,87). Game strategi Himayatuddin dirancang dengan metode Player-Centered Design. Melalui riset dan eksperimen, ditemukanlah 10 komponen game heroik yaitu story yang diimplementasikan menjadi storyworld dalam game, character and roles, adventure, environment, leveling and punishment quizzes, gold-bost, achievement yang penerapannya berupa share ke media sosial. Rancangan di ujikan kepada Gen-Z sebagai pelajar dan gamers sebagai usability testing I melalui wawancara one on one. Hasil testing pada prototype I menunjukan playable dari segi mekanik dan motivasi game. Player mampu merasakan perjuangan pahlawan Himayatuddin sebagai Game Based Learning. Dilakukan perbaikan prototype II dan usability testing II, menggunakan skala Likert dan Nielsen’s Model kepada 25 pelajar. Hasil measurement, menunjukan 5 elemen evaluasi yaitu function (91,6%), satisfaction (90,6%), effective (89,4%), efficiency (87,4%) dan learnability (85,4%). Rancangan Game Himayatuddin memiliki ratarata 4,45 yaitu 89% keberhasilan dan menunjukan experience player yang mampu mengenali pahlawan melalui game sebagai basik pembelajaran untuk menyampaikan kisah kepahlawanan yang siap digunakan oleh Gen-Z di Indonesia