digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : Tesis ini memaparkan interpretasi atau penafsiran (hermeneutika) berbagai parameter di seputar matriks kovariansi, yang diawali dengan uraian tentang latar belakang masalah dan arti hermeneutika. Selanjutnya diulas ruang lingkup kajian matriks kovariansi dan tujuan yang hendak dicapai untuk memotivasi siswa dalam belajar khususnya matematika. Dalam menafsirkan berbagai parameter di seputar matriks kovariansi, alat utama yang digunakan adalah regresi linear. Adapun parameter - parameter yang akan dibahas, meliputi seluruh parameter yang membentuk matriks kovariansi, matriks korelasi, invers matriks kovariansi dan invers matriks korelasi. Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini adalah pendekatan empiris dengan mencocokan hasil - hasil perhitungan berdasarkan data. Untuk itu digunakan data hasil ujian sekolah dan ujian Nasional di SMK Negeri 14 Jakarta pada tahun ajaran 2005/2006 untuk Program Studi Akuntansi, yang terdiri atas 114 siswa untuk 9 mata uji teori , 7 mata uji praktik dan 5 mata uji teori dan praktik.