digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP NEBULA NIKKEL ANDHARA 1.pdf)u
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Pasar modal mengalami peningkatan tingkat kesadaran di masyarakat Indonesia semenjak munculnya pandemi. Khususnya kalangan dewasa muda yang akrab dengan teknologi dan sosial media. Namun, beberapa dari kalangan dewasa muda belum sepenuhnya memahami alur kerja pasar modal. Pengetahuan yang rendah menyebabkan turunnya minat individu dalam melakukan investasi di pasar modal. Oleh karena itu, perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesadaran bagi individu yang belum mengenal tentang pasar modal melalui media motion graphic. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, wawancara, dan survei. Data menunjukkan bahwa sebagian besar dari responden mengetahui pasar modal namun belum memulai investasi di pasar modal. Selain itu, sosial media Instagram merupakan sosial media yang paling sering digunakan di kalangan dewasa muda. Oleh karena itu, motion graphic mengenai pengenalan pasar modal ditayangkan di sosial media Instagram serta dirancang dengan menarik dan padat informasi.