digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP ANGGUN RAHAYU UTAMI 1.pdf?
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Anak usia 7-9 tahun secara inheren masih tinggi sikap egosentrisnya sehingga rasa empati terhadap teman sebayanya masih dinilai kurang. Hal ini berimbas pada perlunya edukasi tentang pendidikan karakter mengenai pentingnya berempati dan berjiwa sosial dengan harapan agar anak dapat lebih peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Salah satu cara mengajarkan anak untuk berempati adalah melalui dongeng, contohnya Legenda Gunung Tampomas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengajarkan pendidikan karakter berbasis Legenda Gunung Tampomas pada anak usia sekolah 7-9 tahun melalui media book app. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu studi literatur, wawancara, dan Forum Group Discussion (FGD). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan agar anak dapat memahami pentingnya pendidikan karakter dan budayanya sendiri melalui rancangan book app interaktif Legenda Gunung Tampomas. Ada dua fitur dalam book app ini. Fitur pertama yaitu tentang narasi visual interaktif, fitur ini bertujuan untuk memfasilitasi anak yang belum bisa membaca dan yang baru belajar membaca sehingga anak akan lebih mudah memahami alur cerita. Fitur keduanya yaitu mini games yang bersifat imersif agar anak lebih termotivasi untuk mau membaca kembali book app ini. Selama proses perancangan book app hal yang selalu diperhatikan adalah kesesuaiannya dengan target perancangan, yaitu anak usia 7-9 tahun.