digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Salah satu objektif pembelajaran yang genting dicapai para pelajar pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau usia 12 tahun ke atas di Indonesia adalah independensi atau kemandirian yang dapat disebut self-regulated learning (SRL). Untuk mendorong tumbuhnya kemampuan SRL pada siswa-siswi SMP dapat digunakan platform learning management system (LMS). Tugas akhir ini bermaksud untuk merancang sebuah prototipe LMS memanfaatkan metodologi user-centered design (UCD) untuk menciptakan desain yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik siswa-siswi SMP sebagai segmen target pengguna. Tahapan UCD yang dilalui meliputi: Perencanaan, Penentuan Konteks Penggunaan, Penentuan Kebutuhan Pengguna, Perancangan Solusi, dan Evaluasi Rancangan. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara kualitatif terhadap enam narasumber yang memenuhi karakteristik persona target pengguna. Analisis terhadap data yang terkumpul telah berhasil mendefinisikan sepuluh fitur yang diimplementasikan ke dalam wujud prototipe low fidelity dan high fidelity, yakni Menu per Mata Pelajaran, Milestones/Indeks, Dasbor, Buku Nilai, Kalender, Catatan, Forum Sosial, Agenda, Galeri Capaian, dan Umpan Balik Latihan Soal. Fitur-fitur tersebut dirancang dan diuji dalam tiga iterasi menggunakan metode uji task completion rate dan single ease questions (SEQ) untuk memenuhi usability goal ‘effective to use’, intrinsic motivation inventory (IMI) subskala value/usefulness untuk memenuhi user experience goal ‘helpful’ dan IMI subskala interest/enjoyment untuk memenuhi user experience goal ‘motivating’, serta system usability scale (SUS). Skor tertinggi yang dicapai rancangan prototipe pada masing-masing metode uji adalah: task completion rate = 100%; SEQ = 6,5 dari 7; IMI value/usefulness = 6,45 dari 7; IMI interest/enjoyment = 6,2; dan SUS = 86 dari 100. Dengan demikian, disimpulkan bahwa rancangan prototipe yang sudah diproduksi berhasil menjadi desain LMS yang memenuhi kebutuhan target penggunanya dengan skor penilaian yang memuaskan.