digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP JILIE KEZIA PETRA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Literasi keuangan adalah masalah yang telah ditangani Indonesia selama beberapa waktu. Hanya menunjukkan indeks 38% pada tahun 2019 (OJK, 2021), menunjukkan betapa sedikitnya kita sebagai bangsa untuk menyadari kurangnya literasi ini. Terutama bagi generasi muda seperti mahasiswa yang akan segera mengatur skenario keuangan pribadinya setelah lulus. Laporan ini menganalisis strategi, konsep, dan desain kampanye literasi keuangan pribadi yang ditargetkan untuk mahasiswa. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis akan menganalisis penelitian-penelitian dan kampanye terdahulu, mengadakan wawancara, dan mengadakan kuesioner untuk mencari wawasan dan merancang kampanye melalui tahapan-tahapan dari metode design thinking. Hasilnya menunjukkan bagaimana menciptakan visual dan komunikasi yang mudah dan menarik dapat menjangkau audiens target yang ditentukan. Namun, hanya sebagai prototipe, desain ini belum sepenuhnya teruji.Desain ini memberikan wawasan tentang cara mengatasi masalah rumit seperti literasi keuangan dan mengemasnya dengan cara yang menarik untuk menjangkau audiens yang lebih muda seperti mahasiswa dari perspektif desain komunikasi visual.