digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Eka Satya Dorothea Tumiwa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Eka Satya Dorothea Tumiwa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Eka Satya Dorothea Tumiwa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Eka Satya Dorothea Tumiwa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Eka Satya Dorothea Tumiwa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Eka Satya Dorothea Tumiwa
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Potensi pasar video streaming berasal dari pertumbuhan pendapatan di pasar video streaming dan tingginya konsumsi terhadap hiburan. Di Indonesia, tingkat aktivitas hiburan harian disumbang oleh 83% orang Indonesia yang menonton video online. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat di industri OTT, para pemain OTT memfokuskan bisnis mereka dengan model berlangganan yang bersaing baik untuk konten maupun pelanggan. Di antara para pesaingnya, Vidio menempati peringkat ketiga berdasarkan pelanggan berbayar baru di Asia Tenggara. Namun, di tengah pertumbuhan pelanggan baru, adanya paket langganan mingguan masih menjadi tantangan bagi Vidio karena dampaknya yang cenderung mengakibatkan churn dan siklus berlangganan yang tidak sehat. Strategi lebih lanjut untuk meningkatkan akuisisi dan retensi diperlukan untuk memperkuat posisi Vidio dalam menghadapi tantangan di industri. Tugas akhir ini menggunakan kerangka kerja generik untuk memahami lingkungan eksternal dan internal Vidio. Kerangka tematik yang digunakan untuk membahas masalah bisnis. Customer Decision Journey digunakan untuk menganalisis perilaku pelanggan, mantan & non-pelanggan Vidio, sedangkan Customer Switching Behavior digunakan untuk mengidentifikasi faktor peralihan dari mantan pelanggan. Analisis terakhir adalah merumuskan strategi bisnis yang dibutuhkan beserta rencana implementasi berdasarkan usulan kerangka tematik, matriks TOWS dan Diamond Strategy Model. Customer Decision Journey dan Customer Switching Behavior menunjukkan keselarasan dalam mengidentifikasi hasil dari tantangan utama di tengah persaingan dan faktor-faktor peralihan yaitu penawaran konten, harga, kenyamanan, tampilan yang menarik dan kepercayaan merek yang mengarah pada usulan solusi dalam meningkatkan daya saing keunggulan penawaran layanan Vidio termasuk penawaran kontennya yang membutuhkan kelengkapan, eksklusivitas dan daya tarik, serta pengembangan produk peningkatan fitur, rekomendasi yang dipersonalisasi, kualitas resolusi untuk meningkatkan pengalaman pengguna, serta memperkuat kemitraan strategis dan pemasaran berbasis perusahaan untuk meningkatkan daya tarik merek yang akan mencerminkan pemasaran yang digerakkan oleh konsumen sambil menyeimbangkan penawaran harga dengan manfaat yang diberikan. Terakhir, menerapkan strategi harga langganan baru dengan membuat langganan bulanan khusus untuk konten dengan permintaan tinggi diperlukan untuk menghasilkan siklus langganan aktif yang lebih sehat dan untuk menghindari pengguna yang berhenti berlangganan mingguan.