digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2022 TA PP KESIA MORA GRACIELA HUTABARAT 1.pdf ]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

ABSTRAK PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MICRONUTRIENT COKELAT SEBAGAI MOODBOOSTER BAGI REMAJA Oleh Kesia Mora Graciela Hutabarat NIM : 17418051 (Program Studi Desain Komunikasi Visual) Mood merupakan suatu keadaan emosional yang dialami oleh berbagai kalangan terutama remaja. Perubahan mood yang drastis sering dialami remaja karena berbagai faktor, seperti masa pubertas dimana remaja mengalami berbagai perubahan baik fisik dan psikis. Faktor fisiologis dan psikologis tersebutlah yang menjadi faktor umum mood remaja sangat cepat berubah, terutama perubahan yang terjadi selama pandemi Covid juga sangat mempengaruhi tingkat stress dan mood seseorang. Mood negatif yang tidak diatasi dengan positif dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mental. Terdapat beberapa solusi untuk mengatasi mood atau biasa disebut moodbooster, salah satunya dengan mengonsumsi micronutrient. Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, micronutrient bermanfaat bagi tubuh dan sebagai moodbooster. Salah satu micronutrient yang berguna bagi moodbooster yaitu cokelat. Penulis mengumpulkan dan menganalisa data melalui wawancara, survei, dan pengumpulan informasi melalui studi literatur hingga wawancara dengan dokter ahli gizi dan psikolog. Perancangan kampanye sosial ini bertujuan untuk meningkatkan awareness bagi remaja akan pentingnya kesehatan mental dan mood yang stabil dengan mengonsumsi micronutrient cokelat.