digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan secara umum sejauh apa pengaruh ekspektasi performa, kondisi fasilitas, ketakutan, kemampuan diri dan habit terhadap UKM fashion untuk menggunakan e-commerce. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melihat signifikansi data yang telah diisi oleh responden baik secara parsial maupun simultan. Subjek dari penelitian ini adalah pemilik UKM fashion di Indonesia yang telah membuka toko online di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli dan Jd.Id. Selanjutnya, peneliti menggunakan non-probability sampling dalam teknik sampling yang peneliti gunakan dengan jenis convenience untuk mempermudah peneliti mendapatkan sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat signifikansi secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel independent yang diteliti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Akan teteapi, hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa hanya tiga variabel yakni ekspektasi performa, kemampuan diri dan habit yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap fashion SME untuk menggunakan e-commerce. Sedangkan sisanya, kondisi fasilitas dan ketakutan tidak berpengaruh secara signfikan.