digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Farah Andayani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Farah Andayani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Farah Andayani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Farah Andayani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Farah Andayani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Farah Andayani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Tren pemasaran digital sedang berkembang di Indonesia. Hal ini juga didukung dengan musim pandemi dimana penjualan offline tidak sebanyak dulu. Orang-orang mulai beralih ke platform online. BIZGO Digital menawarkan layanan pemasaran digital yang menargetkan pemilik bisnis dan UMKM untuk membangun kehadiran online mereka. Sebagai agensi Pemasaran Digital B2B, jaringan adalah metrik paling penting untuk menjaga pelanggan yang ada tetap terlibat dan mendapat informasi tentang bisnis. Sayangnya, tidak ada strategi retensi pelanggan untuk meningkatkan penjualan dari klien yang sudah ada. Metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, menggunakan wawancara mendalam dengan responden eksternal dari klien yang ada BIZGO Digital dan sumber pengumpulan data dari data primer dan sekunder. Agar BIZGO dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan, agensi harus menyediakan strategi yang relevan, yaitu mengembangkan strategi Owned Media dan Inbound Marketing untuk klien perusahaan kecil hingga menengah. Sementara klien perusahaan besar paling baik didekati dengan Customer Relationship Manager (CRM) dan Strategi Branding.