digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti

Intervensi sistem ketelusuran digital melalui platform dan teknologi blockchain yang diinput pada rantai nilai kopi konvensional dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang terjadi pada aktivitas dalam rantai nilai, aktor yang terlibat serta hubungan keterkaitannya, dan produk yang dihasilkannya. Digital traceability platform dengan teknologi blockchain mulai dikembangkan untuk merekam data atau informasi yang bergulir dalam setiap tahapan dari rantai nilai kopi spesialti. Sistem ketelusuran digital ini pada praktiknya berpotensi mentransformasi dinamika dan relasi antar aktor yang ada di dalam rantai nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan mengkaji potensi pengembangan dan dampak dari digital traceability platform dengan teknologi blockchain di rantai nilai kopi spesialti melalui penelaahan pada dua perusahaan penyedia platform, yaitu SEEDS dan EMURGO. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital traceability platform memiliki keunggulan dalam digitalisasi pencatatan informasi dalam rantai nilai kopi yang rekam jejaknya dapat tersimpan secara aman dan tidak mudah dirusak maupun dimanipulasi, dimana informasi di sepanjang rantai nilai kopi dapat ditelusuri. Penggunaan digital traceability platform dalam rantai nilai kopi memberikan potensi dampak untuk digitalisasi pencatatan informasi dalam proses bisnis, adanya potensi untuk aktor bisa mendapatkan nilai, manfaat kepastian informasi produk kopi, serta adanya potensi risiko dari aspek teknologi, finansial, dan politik. Berdasarkan hasil analisis SWOT-QSPM, kami merumuskan 10 strategi alternatif pengembangan digital traceability platform yang dapat diterapkan oleh para aktor di dalam rantai nilai kopi spesialti, yaitu 2 strategi S-O (branding traceability platform dan ekspansi bisnis), 3 strategi W-O (umpan balik peningkatan traceability plattfom, pendekatan kepada aktor hilir, dan penambahan sumberdaya), 3 strategi S-T (sosialisasi traceability platform ke pemerintah, advokasi regulasi traceability platform, dan edukasi pelatihan teknis), 2 strategi W-T (kontrak kerjasama bisnis dan peningkatan untuk perbaikan fitur traceability platform) untuk peningkatan pengembangan digital traceability platform SEEDS dan EMURGO. Prioritas strategi yang dihasilkan meliputi branding dan pemasaran digital traceability platform, yang dilanjutkan dengan strategi pendekatan ke aktor hilir rantai nilai, serta perumusan kontrak kerjasama bisnis antara perusahaan penyedia teknologi dengan aktor rantai nilai.