ABSTRAK Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti COVER Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti BAB 1 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti BAB 2 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti BAB 3 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti BAB 4 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti BAB 5 Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti PUSTAKA Irsyafia Arifa
PUBLIC Alice Diniarti
Intervensi sistem ketelusuran digital melalui platform dan teknologi blockchain yang
diinput pada rantai nilai kopi konvensional dapat menyebabkan perubahan-perubahan yang
terjadi pada aktivitas dalam rantai nilai, aktor yang terlibat serta hubungan keterkaitannya,
dan produk yang dihasilkannya. Digital traceability platform dengan teknologi blockchain
mulai dikembangkan untuk merekam data atau informasi yang bergulir dalam setiap
tahapan dari rantai nilai kopi spesialti. Sistem ketelusuran digital ini pada praktiknya
berpotensi mentransformasi dinamika dan relasi antar aktor yang ada di dalam rantai nilai
tersebut. Penelitian ini bertujuan mengkaji potensi pengembangan dan dampak dari digital
traceability platform dengan teknologi blockchain di rantai nilai kopi spesialti melalui
penelaahan pada dua perusahaan penyedia platform, yaitu SEEDS dan EMURGO.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital traceability platform memiliki
keunggulan dalam digitalisasi pencatatan informasi dalam rantai nilai kopi yang rekam
jejaknya dapat tersimpan secara aman dan tidak mudah dirusak maupun dimanipulasi,
dimana informasi di sepanjang rantai nilai kopi dapat ditelusuri. Penggunaan digital
traceability platform dalam rantai nilai kopi memberikan potensi dampak untuk digitalisasi
pencatatan informasi dalam proses bisnis, adanya potensi untuk aktor bisa mendapatkan
nilai, manfaat kepastian informasi produk kopi, serta adanya potensi risiko dari aspek
teknologi, finansial, dan politik. Berdasarkan hasil analisis SWOT-QSPM, kami
merumuskan 10 strategi alternatif pengembangan digital traceability platform yang dapat
diterapkan oleh para aktor di dalam rantai nilai kopi spesialti, yaitu 2 strategi S-O (branding
traceability platform dan ekspansi bisnis), 3 strategi W-O (umpan balik peningkatan
traceability plattfom, pendekatan kepada aktor hilir, dan penambahan sumberdaya), 3
strategi S-T (sosialisasi traceability platform ke pemerintah, advokasi regulasi traceability
platform, dan edukasi pelatihan teknis), 2 strategi W-T (kontrak kerjasama bisnis dan
peningkatan untuk perbaikan fitur traceability platform) untuk peningkatan pengembangan
digital traceability platform SEEDS dan EMURGO. Prioritas strategi yang dihasilkan
meliputi branding dan pemasaran digital traceability platform, yang dilanjutkan dengan
strategi pendekatan ke aktor hilir rantai nilai, serta perumusan kontrak kerjasama bisnis
antara perusahaan penyedia teknologi dengan aktor rantai nilai.