digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Indri Yuliasari Darham
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Indri Yuliasari Darham
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Indri Yuliasari Darham
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Indri Yuliasari Darham
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Indri Yuliasari Darham
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Indri Yuliasari Darham
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Employee Engagement telah muncul sebagai ‘mesin’ dalam strategi manajemen bakat organisasi dalam mengantarkan produktivitas, pertumbuhan profitabilitas, dan keberlanjutan. Tingkat employee engagement yang tinggi mendorong retensi bakat, mendorong loyalitas klien dan meningkatkan kinerja organisasi serta nilai bagi pemegang saham. PT Fortune Indonesia sebagai pelopor agensi periklanan modern di Indonesia berperan penting dalam pembangunan nasional dan merupakan satu-satunya perusahaan komunikasi dan periklanan terintegrasi publik yang terdaftar di Indonesia. Pada tahun 2019, perusahaan melakukan rebranding menjadi FORTUNA untuk menandai evolusi menuju era baru. Dengan adanya transformasi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan employee engagement di PT Fortune Indonesia sehingga meningkatkan kinerja. Dengan merancang dan melakukan survei employee engagement, penulis mencoba untuk mengidentifikasi engagement drivers mana yang berpengaruh paling signifikan terhadap perilaku say, stay dan strive kepada perusahaan. Studi ini menegaskan bahwa The Basics menjadi engagement drivers yang paling berpengaruh diantara yang lain. Dari matriks yang mempengaruhi dan skor variabel The Basics dan Performance menjadi drivers paling kritis yang harus ditingkatkan karena hasil yang mencerminkan kondisi saat ini tidak terlalu memuaskan, apalagi The Basics merupakan faktor yang paling signifikan terhadap employee engagement di PT Fortune Indonesia. Dari hasil tersebut, maka usulan program sebagai strategi employee engagement berkaitan dengan strategi remunerasi, budaya, dan system manajemen kinerja.