digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Albert Winarto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Albert Winarto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Albert Winarto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Albert Winarto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Albert Winarto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Albert Winarto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Pandemi Covid-19 di tahun 2020 telah memaksa banyak orang di berbagai negara termasuk Indonesia untuk tetap berada di rumah agar tidak semakin banyak pasien yang terinfeksi. Untuk hiburan di masa pandemi ini, banyak orang memilih layanan streaming dan salah satu layanan streaming terpopuler adalah platform Netflix. Pertumbuhan Subscription Video on Demand (SVoD) di Indonesia sebagai pasar dengan populasi terbesar di Asia setelah China dan India memang menjanjikan. Netflix saat ini memiliki 850.000 pengguna berbayar di Indonesia. Dari jumlah penduduk usia produktif, Indonesia masih akan menjadi target pasar yang besar dan menjanjikan bagi Netflix. Hal ini akan menjadi tantangan bagi Netflix untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan memenangkan pasar SVoD khususnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi kepada Netflix tentang strategi pemasaran mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk merumuskan rekomendasi dan kesimpulan, penelitian ini akan menggunakan metode campuran dan dilakukan dalam tiga tahap untuk mendapatkan wawasan dan mencapai tujuan. Pertama, tinjauan literatur tentang pesaing layanan streaming SVOD di Indonesia. Kedua, pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pertimbangan konsumen dan wawasan tambahan. Yang ketiga adalah mengumpulkan data kuantitatif (menggunakan kuesioner) untuk mengkonfirmasi hipotesis yang diidentifikasi dari wawancara mendalam. Kerangka kerja yang digunakan dalam penelitian ini membantu penulis untuk menganalisis SWOT ditinjau dari faktor internal dan eksternal yang akan mempengaruhi perusahaan. Untuk analisis eksternal, penulis akan melakukan analisis PESTEL, Five Forces dari Porter dan analisis pesaing. Untuk analisis internal, penulis akan melakukan analisis Segmenting, Targeting dan Positioning serta analisis Bauran Pemasaran 7Ps. Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan Netflix, penulis mengusulkan beberapa solusi strategi pemasaran dengan melakukan diversifikasi dan selalu menambah konten baru, menambah konten lokal, kemitraan dengan rumah produksi local/penyedia telekomunikasi/e-wallet/e-commerce, menawarkan berbagai paket berlangganan, mendirikan kantor perwakilan, mempromosikan fitur watch party dan kemudahan proses pendaftaran.