digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1997_TS_PP_HENDROBAWONO_1.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

Abstrak : Menungggu adalah suatu keadaan yang sangat menjemukan, apalagi kejadian menunggu itu seharusnya tidak terjadi. Menunggu adalah merupakan gejala dari sistem antrian. Sistem antrian yang tidak diatur atau tidak diperhitungkan, dapat mengakibatkan waktu menunggu para langganan menjadi lama sekali. Begitu juga halnya pelayanan penumpang pesawat di Bandar Udara Juanda-Surabaya. Kalau tingkat pelayanan di check-in counter tidak seimbang dengan jumlah penumpang yang datang maim terjadilah antrian yang panjang dan waktu menunggu lebih lama. Akibat yang lebih parah lagi adalah waktu pelayanan yang ditentukan hanya 1 jam, bisa mundur menjadi lebih besar dari 1 jam. Kalau sudah terjadi demikian, maka keterlambatan penerbangan tidak dapat dielakan lagi. Selama tahun 1995 rata-rata tingkat keterlambatan penerbangan domestik 39 % dan internasiona128,3 %. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa penyebab keterlambatan tersebut adalah 11,2 % disebabkan oleh pelayanan di terminal bandar udara (station handling). Dengan menggunakan pelayanan model antrian, dapat diketahui berapa jumlah pelayan yang efektif dan optimal agar waktu pelayanan yang ditentukan diharapkan dapat dicapai.