digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK MUH FAJAR AZRIANSYAH.pdf)u
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Cell Transmission Model (CTM) merupakan salah satu metoda numerik untuk menentukan dinamika aliran lalu lintas secara makroskopik. Penerapan metoda CTM standard ini mensyaratkan ruas jalan sebagai domain perhitungan harus dipartisi menjadi selang bagian yang sama panjang, dimana panjang selang bagian tersebut adalah perkalian dari satu satuan waktu pengamatan dengan kecepatan aliran bebas. Syarat panjang selang partisi yang harus sama ini terkadang tidak dapat dipenuhi untuk suatu situasi tertentu, misalnya bilamana ruas jalan terlalu pendek. Di sini metoda CTM termodifikasi diusulkan untuk mengatasi batasan panjang sel yang harus sama ini. Pada Tugas Akhir ini metoda CTM termodifikasi diformulasikan, dan dinyatakan dalam variabel kepadatan lalu lintas k dan arus lalu lintas q. Selanjutnya formula CTM termodifikasi digunakan untuk mensimulasikan dinamika aliran lalu lintas dengan berbagai situasi diantaranya; munculnya kepadatan kendaraan yang bertambah panjang seiring dengan berjalannya waktu akibat adanya hambatan. Selain itu juga disimulasikan kasus adanya traffic light, serta modifikasi saat ada persimpangan jalan (diverge). Hasil simulasi yang didapat konsisten dengan hasil CTM standar, dan sesuai kondisi yang sehari-hari kita temui.