
2020 TA PP CINDY ANNISA RIDIANTY 1.pdf?
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Urbanisasi berdampak kepada peningkatan populasi, kota menjadi lebih padat dan daya
dukungnya menurun. Peningkatan populasi ini jika tidak diimbangi dengan pengembangan
berkelanjutan hanya akan berakibat pada lingkungan hidup yang kurang layak, tumbuhnya
kawasan kumuh, dan berbagai permasalahan sosial. Oleh karena itu untuk menciptakan
lingkungan yang sustainable perlu inklusifitas peran serta semua unsur kelompok masyarakat,
salah satunya adalah pemuda. Kampanye sosial dapat meningkatkan peran serta pemuda dalam
pengembangan lingkungan tempat tinggalnya. Metode perancangan menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif berupa observasi, wawancara, studi literatur dengan analisis berdasarkan
teori kampanye sosial, teori AISAS, teori peran pemuda dan teori pengembangan lingkungan.
Pemuda seringkali tidak merasa dirinya dibutuhkan dan terkendala waktu ketika hendak
berperan dalam pengembangan. Oleh karena itu, kampanye ini mengomunikasikan bahwa waktu
yang digunakan untuk berperan dalam pengembangan lingkungan dapat seiring dengan waktu
aktivitas pemuda, sehingga pemuda dan lingkungan dapat tumbuh bersama karena keduanya
saling membutuhkan. Kampanye sosial ini terbagi menjadi 3 tahap; tahap conditioning, tahap
informing, dan tahap reminding. Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan adalah
media online dan media traditional. Kedua jenis media ini menjadi penting perannya, karena
generasi muda saat ini termasuk dalam tech-savvy dan lingkungan tempat tinggal menjadi
penempatan media yang berpotensi karena dilalui target audiens setiap harinya.