digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Diana Rizky Aprilliany
PUBLIC Dewi Supryati

Masalah rute kendaraan yang dibahas pada penelitian ini adalah masalah rute kendaraan (MRK) yang mempertimbangkan kondisi rute majemuk, jendela waktu majemuk, pengiriman dan pengambilan barang secara simultan pada depot tunggal atau disingkat menjadi MRK-RMJWMPPS. MRK-RMJWMPPS diselesaikan dengan mengembangkan model matematis dan algoritma metaheuristik sebagai metode pendekatan perbaikan solusi. Model yang dikembangkan memiliki kriteria performansi meminimumkan total biaya transportasi selama horison perencanaan yang ada. Komponen biaya transportasi terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Solusi model analitik yang dihasilkan berupa Mixed Integer Linear Programming (MILP) dan terbukti mampu memberikan nilai global optimal untuk set data kecil yang diujicobakan. Algoritma Variable Neighborhood Descent (VND) yang dikembangkan dibangkitkan dengan pencarian solusi awal menggunakan algoritma penyisipan sekuensial. Pengembangan algoritma dilakukan sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan waktu komputasi pada metode analitik. Solusi algoritma VND menunjukan nilai solusi yang hampir mendekati solusi MILP. Kesenjangan antara solusi MILP dan VND diketahui sebesar 28,63%. Model MRK-RMJWMPPS dapat digeneralisasi/digunakan untuk dua model MRK lainnya, yaitu MRK dengan karakteristik rute majemuk, jendela waktu tunggal, dan pengiriman-pengambilan simultan serta untuk model MRK dengan rute majemuk, jendela waktu majemuk, dan pengiriman-pengambilan campuran.