digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TS PP JUAN VITO 1.pdf)u
PUBLIC Open In Flipbook Noor Pujiati.,S.Sos

Komik merupakan gambar-gambar dan lambang-lambang yang terjusktaposisi dalam urutan tertentu, bertujuan untuk memberikan informasi atau mencapai tanggapan estetis dari pembaca. Pada perkembangan awalnya, komik menggunakan media cetak sebagai sarana untuk menyebarkan dan memperbanyak agar dapat dinikmati banyak orang. Perkembangan teknologi menyebabkan industri buku di Indonesia menurun dikarenakan ponsel yang memudahkan orang untuk mendapatkan informasi, namun tidak terhadap minat bacanya. Komik digital merupakan adaptasi yang dilakukan komik konvensional terhadap perkembangan teknologi. Komik digital memungkinkan komik untuk dinikmati dengan ponsel. Berdasarkan fakta bahwa sepakbola merupakan salah satu olahraga paling digemari di Indonesia, prestasi sepakbola level senior selama dua dekade terakhir menurun, serta minat baca komik dan menonton animasi di Indonesia yang cukup tinggi, maka perancangan komik digital dan animasi sepakbola berbasis media sosial dengan studi kasus sepakbola di Indonesia diperlukan sebagai upaya meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap sepakbola, yang berdampak pada prestasi sepakboladi masa depan. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskrptif, melalui wawancara narasumber pada bidang sepakbola, dan studi literatur. Dengan data lapangan tersebut, dirancang komik digital yang mengangkat tema sepakbola Medan, dengan judul Jago Bola Tapanuli. Jago Bola Tapanuli bercerita tentang sekelompok anak remaja yang mencoba membangkitkan filosofi rap-rap khas sepakbola Medan, melawan tim besar PSMS yang pada saat yang sama meninggalkan filosofi tersebut dan beralih ke gaya sepakbola modern. Komik sepakbola digital dibuat dalam dua bentuk, yaitu Web Comic dan Motion Comic, yang menggunakan media LINE Webtoon dan Youtube dan dapat dinikmati secara online melalui ponsel. Kata kunci: