Penggunaan internet menjadi alternatif yang memudahkan masyarakat untuk memilih tontonan, seperti sosial media berbasis video bernama YouTube. Hal ini memudahkan masyarakat terutama anak-anak mengakses tontonan yang tidak sesuai dengan usianya. Terdapat salah satu tontonan yang populer dikalangan masyarakat, yaitu serial edutainment animasi Nussa yang mengangkat cerita berdasarkan nilai-nilai Islami. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penyajian konten Islami pada animasi Nussa sebagai media pembelajaran pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi berbasis analisis visual Gillian Rose. Hasil penelitian ini menunjukkan representasi Islami pada animasi Nussa dapat dilihat dari berbagai kombinasi seluruh konsep elemen atau atribut yang terkait didalamnya. Animasi Nussa terbentuk dari beberapa elemen pembentuk film, diantaranya elemen naratif, elemen visual dan elemen suara. Pesan Islami pada animasi Nussa digambarkan melalui hubungan keluarga dan aktivitas sehari-hari para tokoh. Hal ini membuat penonton memiliki keterikatan dengan tokoh berdasarkan pengalaman yang mereka alami di kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Islami pada animasi Nussa dapat mudah diingat dan mudah dipahami. Animasi Nussa dapat memberikan contoh teladan kepada anak sehingga animasi Nussa dapat dijadikan sebagai media pembelajaran Islami untuk anak. Penayangan melalui YouTube membuat animasi Nussa menjadi media pembelajaran yang mudah diakses. Bentuk web series membuatnya dapat menyampaikan pesan atau informasinya secara singkat, sesuai dengan tingkat konsentrasi dan keterbatasan kemampuan anak dalam mencerna suatu pesan.
Perpustakaan Digital ITB