digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau inovasi multi-aktor dalam industri musik, mengembangkan kerangka kerja konseptual pendahuluan dari literatur, mendapatkan dan membandingkan wawasan empiris dari responden di lapangan melalui wawancara dengan kerangka kerja konseptual awal, dan memvalidasi kerangka kerja revisi dengan membandingkan hasil dari revisi hasil dengan temuan empiris dari lapangan. Melalui paradigma abduktif, studi ini melakukan studi kasus kualitatif eksploratif di wilayah Bandung dan Jakarta di Indonesia dengan menggunakan kerangka kerja konseptual awal yang diturunkan dari literatur sebagai dasar analisis. Kemudian, berbagai informan dan pakar dengan kompetensi di bidang bisnis musik di Indonesia, secara khusus di sisi hulu/produksi, diwawancarai sebagai sumber informasi utama. Melalui wawancara eksplorasi, studi ini membandingkan kerangka kerja konseptual awal tentang penciptaan, pengiriman, dan penangkapan di pasar. Kerangka yang direvisi kemudian divalidasi melalui studi penjelas. Studi ini telah memperluas dan memajukan pemahaman yang berkaitan dengan praktik co-inovasi dalam konteks industri kreatif, khususnya bisnis musik. Keluaran utama dari disertasi ini adalah (1) tinjauan terkini tentang bagaimana berbagai aktor berinovasi dalam bisnis musik (2) model teoretis awal dari ko-inovasi dalam bisnis musik yang diadaptasi dari berbagai literatur, (3) kerangka kerja mengenai cara-cara di mana inovasi bersama dipraktikkan dalam bisnis musik dengan menggunakan model teoritik pendahuluan dengan temuan-temuan empiris dari lapangan, dan (4) validasi kerangka revisi yang diusulkan melalui analisis eksplanatori. Kerangka yang diusulkan dalam penelitian ini unik karena telah mampu mengintegrasikan literatur sebelumnya dalam menggambarkan bagaimana ko-inovasi dipraktikkan dalam bisnis musik.