digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019 TA PP ANDREA CHRISTIE 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Kota Bandung dikenal dengan berbagai nama atau identitas, seperti contohnya Kota Kreatif dan Kota Kuliner. Tak banyak diketahui masyarakat luas, kedua identitas tersebut telah resmi disandang Bandung semenjak tahun 2015. Pada akhir tahun 2015 lalu, UNESCO telah meresmikan Bandung sebagai bagian dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO untuk kategori design. Selain itu, Kementrian Pariwisata Indonesia juga telah menetapkan Bandung sebagai Kota Destinasi Wisata Kuliner Indonesia dalam sebuah forum diskusi Dialog Gastronomi Nasional. Sebagai Kota Kreatif dan Kota Kuliner, selayaknya Bandung memiliki oleh-oleh jajanan yang khas, unik, berbeda, dan unggul dibandingkan dengan kota-kota lain. Namun amat disayangkan ketika kedua identitas yang potensial tersebut kurang tercermin dalam wujud oleh-oleh jajanan khas Bandung. Maka dari itu, perancangan kemasan oleh-oleh jajanan khas dan unik Bandung sebagai identitas kota kreatif ditujukan untuk menjawab permasalahan tersebut. Kemasan oleh-oleh jajanan yang dirancang unik dan khas Bandung dapat menjadi media yang tepat untuk menunjukkan identitas Bandung sebagai Kota Kreatif dan Kota Kuliner.