
2019 TA PP ANDREA CHRISTIE 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Kota Bandung dikenal dengan berbagai nama atau identitas, seperti contohnya Kota Kreatif
dan Kota Kuliner. Tak banyak diketahui masyarakat luas, kedua identitas tersebut telah resmi
disandang Bandung semenjak tahun 2015. Pada akhir tahun 2015 lalu, UNESCO telah
meresmikan Bandung sebagai bagian dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO untuk kategori
design. Selain itu, Kementrian Pariwisata Indonesia juga telah menetapkan Bandung sebagai
Kota Destinasi Wisata Kuliner Indonesia dalam sebuah forum diskusi Dialog Gastronomi
Nasional. Sebagai Kota Kreatif dan Kota Kuliner, selayaknya Bandung memiliki oleh-oleh
jajanan yang khas, unik, berbeda, dan unggul dibandingkan dengan kota-kota lain. Namun
amat disayangkan ketika kedua identitas yang potensial tersebut kurang tercermin dalam
wujud oleh-oleh jajanan khas Bandung. Maka dari itu, perancangan kemasan oleh-oleh
jajanan khas dan unik Bandung sebagai identitas kota kreatif ditujukan untuk menjawab
permasalahan tersebut. Kemasan oleh-oleh jajanan yang dirancang unik dan khas Bandung
dapat menjadi media yang tepat untuk menunjukkan identitas Bandung sebagai Kota Kreatif
dan Kota Kuliner.