2018_TA_PP_RADESMA_SYOPHIRA_HERMAWAN_1_-_COVER.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_RADESMA_SYOPHIRA_HERMAWAN_1_-_BAB_1.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_RADESMA_SYOPHIRA_HERMAWAN_1_-_BAB_2.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_RADESMA_SYOPHIRA_HERMAWAN_1_-_BAB_3.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_RADESMA_SYOPHIRA_HERMAWAN_1_-_BAB_4.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_RADESMA_SYOPHIRA_HERMAWAN_1_-_BAB_5.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_RADESMA_SYOPHIRA_HERMAWAN_1_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Jakarta sebagai salah satu metropolitan terbesar di dunia masih memiliki
permasalahan berupa kemacetan dalam waktu cukup lama. Salah satu strategi
yang dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta untuk menyelesaikan permasalahan
tersebut adalah dengan mengimplementasikan sistem transportasi massal dengan
menyelenggarakan sistem Bus Rapid Transit (BRT). Agar sistem BRT dapat
berkembang lebih baik, maka pemerintah DKI Jakarta melalui UPT Jakarta Smart
City bekerjasama dengan PT Transjakarta dan Pulse Lab Jakarta dalam proyek
pengembangan sistem BRT menggunakan analisis data secara real - time. Proyek
tersebut dilaksanakan tahun 2016 dan merupakan proyek penggunaan big data
pertama dalam bidang transportasi massal yang dilakukan oleh Pemerintah DKI
Jakarta. Penyelenggaraan proyek ini telah mengindikasikan bahwa adanya
implementasi teknologi big data dalam pengembangan sistem BRT di DKI Jakarta.
Namun, belum diketahui secara jelas bagaimana proses penggunaan big data
tersebut, sejauh mana manfaat yang dapat diberikan dan bagaimana pengaruh
pemangku kepentingan terhadap proses yang terjadi. Melalui studi literatur dan
wawancara mendalam semi terstruktur, penelitian ini menganalisis tahapan dan
teknis penggunaan big data dalam pengembangan sistem BRT di DKI Jakarta,
peran dan hubungan antarpemangku kepentingan yang terlibat, pentingnya big
data untuk meningkatkan penyelenggaraan sistem BRT dan tantangan dalam
penggunaannya, serta menganalisis penggunaan big data untuk mendukung data
driven policy di DKI Jakarta. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa big data
berkontribusi dalam mendukung proses perencanaan pengembangan sistem BRT
dalam komponen pelayanan dan perluasan jaringan, integrasi moda, serta sistem
informasi dan manajemen bus. Selain itu, penelitian ini juga menemukan adanya
keragaman pemangku kepentingan yang terlibat yang berpengaruh terhadap
proses penggunaan big data.