digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Adanya perkembangan teknologi yang maju dan pesat telah membawa banyak manfaat dan perubahan dalam lingkungan bisnis. Terutama di negara berkembang seperti Indonesia di mana sebagian besar bisnis masih menerapkan inovasi yang didorong oleh pelanggan sebagai strategi bisnis mereka untuk memasuki pasar, sehingga setiap perubahan di hilir, yang merupakan perilaku konsumen, pasti akan mendorong hulu untuk berubah. Secara menyedihkan, tingkat adopsi teknologi UMKM Indonesia masih berada di bawah ekspektasi. Mengenai posisinya sebagai penggerak ekonomi nasional, kondisi di atas dapat membawa negara ini pada kondisi ekonomi yang berisiko. Menggunakan 52 sampel UMKM di Yogyakarta, penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor penentu utama dari dua tahap Adopsi TIK dan dampaknya terhadap kinerja bisnis UMKM. Akhirnya, hasil pengolahan data menggunakan metode PLSSEM menunjukkan bahwa konteks teknologi adalah faktor yang paling kuat diikuti oleh konteks organisasi yang mendorong UMKM untuk keputusan adopsi ICT mereka. Selain itu, konteks lingkungan menjadi variabel mediasi yang hebat pada tahap pasca adopsi yang memperkuat hubungan positif antara penggunaan TIK dan kinerja bisnis.