
2019_TS_PP_NISRINA_NAFIATUL_HUDA_1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Taupik Abidin Ringkasan 


2019 TS PP NISRINA N HUDA 1-BAB II.pdf)u
PUBLIC Open In Flip Book Taupik Abidin Ringkasan 
2019 TS PP NISRINA N HUDA 1-BAB III.pdf?
PUBLIC Open In Flip Book Taupik Abidin Ringkasan 
2019 TS PP NISRINA N HUDA 1-BAB IV.pdf)u
PUBLIC Open In Flip Book Taupik Abidin Ringkasan 

2019 TS PP NISRINA N HUDA 1-REFERENCES.pdf?
PUBLIC Open In Flip Book Taupik Abidin Ringkasan
Adanya perkembangan teknologi yang maju dan pesat telah membawa banyak manfaat
dan perubahan dalam lingkungan bisnis. Terutama di negara berkembang seperti
Indonesia di mana sebagian besar bisnis masih menerapkan inovasi yang didorong oleh
pelanggan sebagai strategi bisnis mereka untuk memasuki pasar, sehingga setiap
perubahan di hilir, yang merupakan perilaku konsumen, pasti akan mendorong hulu
untuk berubah. Secara menyedihkan, tingkat adopsi teknologi UMKM Indonesia masih
berada di bawah ekspektasi. Mengenai posisinya sebagai penggerak ekonomi nasional,
kondisi di atas dapat membawa negara ini pada kondisi ekonomi yang berisiko.
Menggunakan 52 sampel UMKM di Yogyakarta, penelitian ini bertujuan untuk
menguji faktor penentu utama dari dua tahap Adopsi TIK dan dampaknya terhadap
kinerja bisnis UMKM. Akhirnya, hasil pengolahan data menggunakan metode PLSSEM
menunjukkan bahwa konteks teknologi adalah faktor yang paling kuat diikuti
oleh konteks organisasi yang mendorong UMKM untuk keputusan adopsi ICT mereka.
Selain itu, konteks lingkungan menjadi variabel mediasi yang hebat pada tahap pasca
adopsi yang memperkuat hubungan positif antara penggunaan TIK dan kinerja bisnis.