
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-COVER.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan 
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-BAB 1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan 
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-BAB 2.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan 
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-BAB 3.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan 
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-BAB 4.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan 
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-BAB 5.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan 
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-BAB 6.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan 
2015 TS PP R.HANA MARJA MANGGALA 1-PUSTAKA.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti Ringkasan
Kebutuhan akan jalan dengan struktur perkerasan yang kuat untuk mendukung beban lalu lintas yang tinggi sangatlah penting, sehingga diperlukan adanya suatu inovasi dalam perencanaan material perkerasan jalan. Material perkerasan lentur saat ini mempunyai beragam jenis, diantaranya adalah Stone Mastic Asphalt (SMA). SMA ini dianggap mempunyai kelebihan dibandingkan dengan jenis perkerasan lainnya karena SMA mempunyai fleksibilitas yang lebih tinggi, durabilitas yang lebih tinggi, dan lebih tahan terhadap alur. Penelitian ini dimaksudkan mengevaluasi kinerja campuran Stone Mastic Asphalt menggunakan aspal modifikasi Sasobit® terhadap kriteria kegagalan retak lelah dan deformasi permanen.
Tiga jenis campuran disiapkan, yaitu: aspal Pen 60/70 dengan 0,3% selulosa, aspal Pen 60/70 dengan Sasobit® 3%, dan aspal Pen 60/70 dengan Sasobit® 4%. Sifat fisik aspal dan agregat diuji dan dibandingkan dengan spesifikasi AASHTO dan British Standard. Sedangkan kinerja campuran diperoleh melalui pengujian Stabilitas Marshall, Draindown, ITS, deformasi permanen, dan retak kelelahan dengan alat Four Point Bending Test.
Penambahan Sasobit® ke dalam aspal Pen 60/70 menaikkan sifat reologi aspal. Hasil pengujian Marshall menunjukkan campuran aspal modifikasi Sasobit® memiliki nilai Stabilitas Marshall tertinggi. Hasil uji draindown menunjukkan campuran aspal Pen 60/70 dengan penambahan 0,3% serat selulosa mampu mencegah draindown dibandingkan campuran dengan aspal modifikasi Sasobit®. Hasil uji ITS menghasilkan nilai TSR yang variatif, dimana campuran dengan aspal modifiaksi Sasobit® 4% memiliki nilai yang paling tinggi. Hasil uji Wheel Tracking pada aspal modifikasi Sasobit® memiliki nilai deformasi lebih kecil dibandingkan aspal tanpa Sasobit®. Sedangkan pengujian kelelahan menunjukkan nilai yang variatif, dimana ketahanan terhadap kelelahan tertinggi adalah campuran dengan aspal modifikasi Sasobit® 4%.
Secara umum, penambahan Sasobit® dalam aspal modifikasi dapat menurunkan suhu pencampuran dan suhu pemadatan serta memperbaiki sifat reologi aspal. Efek positif dari aspal modifikasi Sasobit® dalam campuran SMA dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja campuran.