digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Volume lalu lintas semakin bertambah besar seiring dengan laju pertumbuhan penduduk. Meningkatnya beban lalu lintas dapat mengakibatkan kerusakan struktur perkerasan dan keausan tekstur permukaan. Tekstur permukaan merupakan aspek terpenting dari permukaan perkerasan yang mempengaruhi tahanan gelincirnya (skid resistance). Skid resistance yang buruk dapat menyebabkan terjadinya slip. Slip dapat dikurangi dengan membuat jalan yang memiliki mikrotekstur dan makrotekstur yang baik. Mikrotekstur dan makrotekstur dibutuhkan untuk menyediakan gesekan yang baik antara permukaan jalan dengan ban kendaraan pada kecepatan rendah dan tinggi terutama dalam kondisi hujan. Pemanfaatan Ethylene Vinyl Acetate (EVA) sebagai modifier pada campuran Stone Mastic Asphalt (SMA) gradasi D=22 mm diharapkan masih bisa memenuhi kapasitas kinerja fungsional campuran. Pengujian laboratorium yang dilakukan adalah dengan menggunakan metoda Marshall untuk menentukan kadar aspal optimum (KAO) dari masing-masing campuran aspal. Selanjutnya dilakukan pengujian Binder Draindown dan Indirect Tensile Strength.Setelah itu dilakukan pengujian Polished Stone Value (PSV) pada agregat yang akan digunakan. Kinerja fungsional dari campuran dievaluasi pada KAO dengan menggunakan pengujian British Pendulum Test (BPT) dan Sand Patch. Hasil KAO yang diperoleh adalah 4,68% untuk aspal pen 60/70; 5,02% untuk aspal modifikasi EVA 3%; dan 5,18% untuk aspal modifikasi EVA 4%. Hasil pengujian PSV menunjukkan nilai skid resistance agregat yang digunakan didalam campuran tidak memenuhi spesifikasi yang digunakan. Sedangkan hasil pengujian BPT dan sand patch menunjukkan campuran SMA dengan aspal modifikasi EVA memiliki nilai British Pendulum Number (BPN) yang lebih besar dibanding dengan campuran SMA dengan aspal pen 60/70. Namun kedalaman tekstur pada campuran SMA dengan aspal modifikasi EVA lebih kecil dibanding campuran SMA dengan aspal pen 60/70. Hasil pengujian menunjukkan bahwa campuran SMA dengan menggunakan modifikasi EVA memberikan kinerja yang baik. Secara keseluruhan campuran SMA yang menggunakan agregat Karawang dengan aspal modifikasi EVA 4% memberikan kinerja yang lebih baik sebagai lapis aus dibandingkan campuran lainnya.