digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Game digital merupakan produk yang beredar di masyarakat dan belum optimal dimanfaatkan untuk edukasi. Oleh karena itu perlu pemanfaatan game digital yang potensial sebagai media untuk menyampaikan informasi dan pesan kepada generasi masa kini, untuk diarahkan kepada hal yang mendidik. Misalnya mengenalkan Kampung Baduy dalam bentuk game digital. Kampung Baduy layak untuk diangkat sebagai konsep dalam perancangan game manajemen, karena terinspirasi dengan Baduy yang terkenal dengan kearifan lokal/ nilai budaya dan kedekatannya dengan alam dan lingkungan yang masih dipertahankan masyarakat Baduy hingga saat ini. Melalui studi pustaka, dan observasi, menggali informasi tentang Baduy, menganalisa game manajemen, diantaranya game Theme Hospital dan Age of Empires 3 untuk dijadikan landasan dalam perancangan game Kampung Baduy. Menggali pengetahuan tentang game itu sendiri dan mengaitkan dengan teori yang relevan, dan teori perkembangan anak, agar konsep perancangan game Kampung Baduy dapat disesuaikan dengan psikografis pemainnya, yaitu untuk anak-anak berusia 14-18 tahun. Rancangan konsep game Kampung Baduy dibuat, dengan harapan supaya generasi masa kini dapat lebih menghargai dan mencintai kearifan lokal/yang ada pada masyarakat Baduy, sebagai salahsatu kekayaan budaya bangsa.