digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

interaction design. Salah satu isu pada kehadiran industri game adalah perilaku sebagian pemain dalam melakukan sedikit komunikasi dan interaksi di luar dunianya. Tesis projek ini adalah upaya pemecahan masalah melalui perancangan interaksi realtime human-computer menggunakan sentuhan dan gesture yang disebut game participatory. Perancangan game participatory menggunakan pendekatan metode deskriptifkualitatif yang merupakan penggabungan beberapa bidang, yaitu: interactive gesture yang membidangi permasalahan teknologi, visual-kinetic communication berhubungan dengan pemaknaan dan pesan, serta batik cap sebagai pembentuk muatan tema dan konsep visual. Gagasannya adalah menggunakan tema visual dunia batik Indonesia (teknik batik cap dan pola ragam hias) sebagai pembentuk gameplay participatory yang dikendalikan oleh gesture manusia pada perangkat multi-touch screen. Tujuanya adalah menghasilkan rancangan karya alternatif berupa aplikasi game digital yang memiliki pola interaksi participatory dengan tetap memerhatikan muatan informasi pendidikan melalui dunia batik yang telah dikenal, dekat, dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Game participatory baik ditempatkan pada ruang-ruang publik seperti museum, terminal transportasi, atau pusat perbelanjaan sebagai wahana interaksi dan komunikasi antar pemain secara fisik dan nyata.