BAB I Fabian Akhmad Sembiring [27123064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Fabian Akhmad Sembiring [27123064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Fabian Akhmad Sembiring [27123064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Fabian Akhmad Sembiring [27123064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Fabian Akhmad Sembiring [27123064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI Fabian Akhmad Sembiring [27123064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VII Fabian Akhmad Sembiring [27123064]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pendekatan pembelajaran
design thinking yang disesuaikan dengan struktur berpikir anak usia 7-11 taun.
Dalam konteks pendidikan di Indonesia, kreativitas cenderung dipersempit menjadi
ekspresi visual semata dan belum dilihat sebagai proses berpikir. Akibatnya,
pembelajaran kreatif yang mendorong eksplorasi makna, perumusan solusi, serta
pemahaman sosial anak kurang mendapatkan tempat dalam praktik pendidikan
dasar. Sementara itu, design thinking sebagai kerangka berpikir kreatif yang
menekankan empati, eksperimen, dan refleksi iteratif, memiliki potensi untuk
dijadikan pendekatan pedagogis yang lebih menyeluruh. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Educational Design Research dengan menganalisis
literatur design thinking dan teori perkembangan anak, serta mengembangkan
rancangan pembelajaran yang diuji di ruang kelas dan program pendidikan kreatif
anak. Proses perancangan didasarkan pada sintesis antara model design thinking
dan teori perkembangan kognitif dan konstruktivis untuk anak usia 7–11 tahun.
Melalui pendekatan ini, dirumuskan kerangka konseptual yang dapat membantu
pendidikan untuk memahami, merancang, dan mengevaluasi proses kreatif bagi
anak secara lebih terarah. Dengan adanya pendekatan pembelajaran ini, diharapkan
praktik pendidikan anak usia 7-11 tahun di Indonesia mampu mengintegrasikan
aspek design thinking dalam proses belajar yang kontekstual, dan berkontribusi
pada pengembangan pedagogi desain yang tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga
berpijak pada struktur berpikir anak dan realitas sosial tempat anak belajar.
Perpustakaan Digital ITB