digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Yuliani [27123056]
PUBLIC Open In Flipbook Noor Pujiati.,S.Sos

BAB I Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Video pembelajaran merupakan media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, memperbaiki retensi dan pemahaman serta fleksibilitas dan aksesbilitas yang tinggi. Namun, penelitian menunjukkan terdapat perilaku tidak konsisten dalam penggunaan video pembelajaran pada siswa. Siswa cenderung hanya mengunduh aplikasi video pembelajaran tanpa benar-benar menyelesaikan video pembelajaran secara berkelanjutan. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan pengalaman dalam video pembelajaran. Terdapat video pembelajaran di YouTube bernama Amoeba Sisters. Video yang disajikan oleh Amoeba Sisters mampu membuat siswa terus belajar bahkan hingga setelah lulus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji video Amoeba Sisters terhadap pengalaman optimal siswa melalui teori pengalaman optimal (flow). Penelitian ini menggunakan kuesioner EduFlow-2 dan pertanyaan pre-test post-test, yang dilengkapi dengan wawancara dalam pengumpulan data. Terdapat dua tahap penelitian, yaitu tahap awal dilakukan di dalam platform survei Populix dan wawancara kepada siswa SMA di Jakarta dan Tangerang. Tahap selanjutnya adalah uji eksperimen kepada siswa SMA Negeri 19 Bandung. Penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran Amoeba Sisters dapat menimbulkan pengalaman optimal pada siswa di tahap awal, namun tidak dapat menimbulkan pengalaman optimal di tahap uji eksperimen. Bahasa pengantar video menjadi kendala siswa kelompok eksperimen dalam menerima video pembelajaran Amoeba Sisters. Penelitian ini menunjukkan bahwa di samping visual, bahasa juga merupakan faktor penting di dalam menciptakan pengalaman optimal siswa dalam pembelajaran.