BAB I Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI Yuliani [27123056]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Video pembelajaran merupakan media pembelajaran yang mampu meningkatkan
motivasi dan partisipasi siswa, memperbaiki retensi dan pemahaman serta
fleksibilitas dan aksesbilitas yang tinggi. Namun, penelitian menunjukkan terdapat
perilaku tidak konsisten dalam penggunaan video pembelajaran pada siswa. Siswa
cenderung hanya mengunduh aplikasi video pembelajaran tanpa benar-benar
menyelesaikan video pembelajaran secara berkelanjutan. Hal ini menunjukkan
perlunya peningkatan pengalaman dalam video pembelajaran. Terdapat video
pembelajaran di YouTube bernama Amoeba Sisters. Video yang disajikan oleh
Amoeba Sisters mampu membuat siswa terus belajar bahkan hingga setelah lulus
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji video Amoeba Sisters terhadap
pengalaman optimal siswa melalui teori pengalaman optimal (flow). Penelitian ini
menggunakan kuesioner EduFlow-2 dan pertanyaan pre-test post-test, yang
dilengkapi dengan wawancara dalam pengumpulan data. Terdapat dua tahap
penelitian, yaitu tahap awal dilakukan di dalam platform survei Populix dan
wawancara kepada siswa SMA di Jakarta dan Tangerang. Tahap selanjutnya adalah
uji eksperimen kepada siswa SMA Negeri 19 Bandung. Penelitian menunjukkan
bahwa video pembelajaran Amoeba Sisters dapat menimbulkan pengalaman
optimal pada siswa di tahap awal, namun tidak dapat menimbulkan pengalaman
optimal di tahap uji eksperimen. Bahasa pengantar video menjadi kendala siswa
kelompok eksperimen dalam menerima video pembelajaran Amoeba Sisters.
Penelitian ini menunjukkan bahwa di samping visual, bahasa juga merupakan
faktor penting di dalam menciptakan pengalaman optimal siswa dalam
pembelajaran.
Perpustakaan Digital ITB