Bab ini menjelaskan metodologi penelitian yang digunakan, mencakup filosofi penelitian, data dan metode, strategi, pilihan, model, rentang waktu, variabel, uji validitas dan reliabilitas, serta isu etika. Penelitian ini menggunakan kerangka "research onion" untuk menganalisis isu-isu penelitian secara komprehensif, mulai dari filosofi pragmatisme yang menekankan pada solusi praktis dan penerapan metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan pengembangan teori yang digunakan adalah abduktif, yang memungkinkan eksplorasi fenomena adopsi digital dalam bisnis keluarga, mengidentifikasi tema, dan menemukan pola untuk menghasilkan atau memodifikasi teori yang ada. Strategi penelitian menggabungkan studi kasus ganda dan survei untuk mengungkap faktor kunci keberhasilan adopsi digital. Penelitian ini menggunakan desain eksplorasi berurutan, dimulai dengan metode kualitatif untuk eksplorasi mendalam, diikuti oleh metode kuantitatif untuk generalisasi temuan. Selain itu, bab ini merinci variabel independen dan dependen yang digunakan, serta langkah-langkah yang diambil untuk memastikan validitas, reliabilitas, dan etika penelitian.