Bagian ini membahas landasan teoretis dan kerangka konseptual penelitian mengenai keterlibatan pelanggan (customer engagement). Landasan teoretis menjelaskan teori-teori inti strategi pemasaran, termasuk analisis PESTEL (politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan, hukum), analisis kompetitor, analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman), matriks TOWS, STP (segmentasi, penargetan, positioning), marketing mix (4P), stimuli eksternal dan internal, serta IMC (integrated marketing communications). Analisis ini bertujuan untuk memahami pendorong nilai keterlibatan pelanggan. Selain itu, dibahas pula faktor-faktor keterlibatan pelanggan digital seperti hiburan, interaksi, dan tren, serta efektivitas digital storytelling dan motivasi hedonis. Kerangka konseptual yang diusulkan menganalisis bagaimana karakteristik konten media sosial (hiburan, interaksi, tren) memengaruhi efektivitas digital storytelling yang kemudian, bersama dengan motivasi hedonis, meningkatkan keterlibatan pelanggan dan pada akhirnya niat pembelian.