Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menguji buku panduan fotometer DIY berbasis proyek. Hasil validasi ahli materi (dosen astronomi dan fisika) menunjukkan rata-rata 87,1%, menandakan buku valid namun perlu revisi terkait konsistensi huruf, penulisan bahasa asing, dan pemanggilan gambar. Validasi ahli media (editor buku, komunikator astronomi) menghasilkan 86,7%, menunjukkan media baik namun perlu perbaikan kesalahan penulisan, tata letak, dan penggunaan istilah astronomi yang tepat. Uji coba pada mahasiswa menunjukkan mayoritas (81,3%) setuju atau sangat setuju dengan buku tersebut, namun masukan mahasiswa memicu revisi terkait penjelasan tugas proyek, format laporan, dan sistem evaluasi. Observasi tugas proyek mahasiswa menunjukkan kemampuan baik dalam merumuskan proyek, pengambilan dan pengolahan data, serta presentasi, dengan rata-rata skor observasi 84,6 (kelas A) dan 86,4 (kelas B), mengindikasikan buku panduan efektif untuk pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa buku panduan fotometer DIY yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk pembelajaran setelah melalui proses validasi, revisi, dan uji coba yang komprehensif.