Penelitian ini menggunakan kerangka alur berpikir untuk menyelesaikan masalah terkait posisi bersaing merek kedai kopi di Indonesia, khususnya Janji Jiwa dan Kenangan. Dimulai dengan studi pendahuluan dan literatur untuk merumuskan masalah tentang pengaruh aktivitas pemasaran media sosial (social media marketing activities) dan electronic word of mouth (EWOM) terhadap brand equity dan niat beli (purchase intention). Kemudian, dilakukan tinjauan pustaka dan metodologi penelitian untuk menyusun kerangka berpikir dan model konseptual. Pengumpulan data dilakukan melalui scraping data Instagram untuk analisis sentimen (sentiment analysis) serta penyebaran kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya, yang dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM). Analisis dan pembahasan hasil pengujian, pengolahan data, dan hipotesis digunakan untuk memberikan analisis hasil, implikasi manajerial, dan limitasi penelitian. Kesimpulan dan saran diuraikan di bagian akhir untuk penelitian selanjutnya. Model konseptual penelitian mengilustrasikan hubungan antara social media marketing activities dan EWOM (input), analisis sentimen dan SEM (process), dan hasil uji hipotesis (output), dengan mengadopsi model dasar dari penelitian sebelumnya dan mempertimbangkan SOR framework. Variabel-variabel diukur menggunakan reflective-formative model dengan dimensi dan indikator yang disusun berdasarkan referensi penelitian terdahulu dan backward translation untuk menjaga makna indikator. Rancangan kuesioner menggunakan skala Likert dengan kode yang menggambarkan variabel dan dimensi, dan dilengkapi pertanyaan tambahan untuk analisa lebih lanjut.