Teks ini membahas tentang UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berdasarkan definisi BPS dan UU UMKM, yang mengklasifikasikan UMKM berdasarkan jumlah tenaga kerja, kekayaan bersih, dan hasil penjualan tahunan. UMKM memiliki peran signifikan dalam perekonomian negara berkembang, menyerap tenaga kerja, berkontribusi pada PDB, dan mendukung pencapaian SDGs. Teks ini juga menjelaskan tentang kafe, faktor-faktor yang mempengaruhi *customer loyalty* (kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, kepercayaan, citra merek, sikap karyawan, lingkungan, dan keterikatan pelanggan), serta metode analisis yang digunakan dalam penelitian, seperti *Structural Equation Modeling* (SEM), analisis faktor, uji validitas, dan uji reliabilitas. Pada bagian akhir, teks ini juga memaparkan penelitian terdahulu terkait loyalitas pelanggan pada kafe dan memposisikan penelitian yang akan dilakukan dalam konteks tersebut.