Berikut ringkasan dari teks tersebut dalam kurang dari 50 kalimat:
Teks ini membahas tentang penelitian katalis untuk meningkatkan efisiensi sel bahan bakar hidrogen. Sel bahan bakar hidrogen adalah alternatif pembangkit listrik ramah lingkungan yang mengubah hidrogen dan oksigen menjadi listrik dan air tanpa emisi berbahaya. Efisiensi sel bahan bakar sangat bergantung pada kecepatan reaksi reduksi oksigen (ORR) pada katoda. Katalis berbasis platinum sebelumnya dianggap sebagai standar, namun memiliki keterbatasan biaya dan ketersediaan.
Penelitian ini fokus pada pengembangan katalis alternatif berbasis grafena dengan logam transisi dan nitrogen (MNC), khususnya katalis dual-atom (DAC) mangan-nikel (MnNi). Penelitian sebelumnya menunjukkan potensi DAC MnNi yang tinggi dalam aktivitas ORR. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas DAC MnNi dengan memodifikasi struktur permukaan katalis melalui pengenalan nanopori pada grafena. Nanopori diharapkan meningkatkan kepadatan situs aktif di tepi grafena dan meningkatkan kinerja katalitik secara keseluruhan.
Rumusan masalahnya adalah bagaimana nanopori mempengaruhi pembentukan situs aktif dan aktivitas ORR pada katalis DAC MnNi. Penelitian ini menggunakan asumsi mengenai reaksi yang terjadi dan mengabaikan keberadaan elektrolit. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pengaruh nanopori pada pembentukan situs aktif, serta mengevaluasi proses ORR secara termodinamika dan kinetika. Lingkup permasalahan membatasi jenis tepi dan model grafena yang digunakan.
Metode penelitian meliputi pemodelan dan simulasi menggunakan Density Functional Theory (DFT), Computational Hydrogen Electrode (CHE), dan mikrokinetik untuk menghitung frekuensi turnover (TOF) reaksi ORR. Laporan tesis ini dibagi menjadi lima bab: pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, data dan analisis, serta kesimpulan dan saran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan katalis ORR yang lebih efisien dan berkelanjutan untuk sel bahan bakar hidrogen.