Tesis Fakhrunnisa Cahya Afifi (NIM 24622001) dari ITB, berjudul "Pengembangan Liveworksheets Soal Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika," bertujuan mengembangkan media pembelajaran digital berupa *liveworksheets* untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan penalaran adaptif matematis mahasiswa calon guru matematika. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan numerasi siswa Indonesia berdasarkan survei PISA dan AKM, yang sebagian disebabkan kurangnya pengetahuan guru/calon guru tentang soal numerasi. Penelitian ini penting mengingat calon guru matematika perlu memiliki kompetensi numerasi yang baik. Studi pendahuluan menunjukkan kemampuan numerasi mahasiswa calon guru matematika masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan berfokus pada domain bilangan dan geometri. Subjek penelitian adalah 40 mahasiswa calon guru matematika. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respons pengguna, dan tes awal-akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa *liveworksheets* yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis mahasiswa calon guru matematika. Penelitian ini menggunakan *liveworksheets* sebagai solusi digital untuk meningkatkan penguasaan numerasi yang sejalan dengan penalaran adaptif matematis, yang penting bagi calon guru. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan kelayakan *liveworksheets*, angket respons pengguna menunjukkan kepraktisan, dan uji-t berpasangan menunjukkan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan penalaran adaptif matematis. Tingkat efektivitas berdasarkan skor N-gain tergolong cukup efektif. Tim pembimbing tesis ini terdiri dari Prof. Dr. Agus Yodi Gunawan, M.Si sebagai ketua dan Dr. Eyus Sudihartinih, M.Pd sebagai anggota.