Tesis ini membahas pengembangan aplikasi web mobile interaktif untuk perusahaan perawatan sepatu "Shoes and Care" (SAC) menggunakan metodologi User-Centered Design (UCD) dengan pola pikir Design Thinking (DT). Proyek ini dilakukan oleh Jordan Muhammad Andrianda sebagai bagian dari program Magister Administrasi Bisnis di Institut Teknologi Bandung pada Januari 2024.
Latar belakang proyek ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kebersihan di era COVID-19, serta belum dimanfaatkannya ranah digital oleh SAC sejak berdiri tahun 2013. Tujuan inovasi digital ini adalah untuk menghemat biaya dan waktu, serta agar SAC tidak tertinggal dari kompetitor.
Metodologi UCD dengan DT diterapkan melalui tahapan pemahaman konteks (understand context), penetapan kebutuhan pengguna (specify user requirements), perancangan solusi (design solution), dan evaluasi (evaluate). Proses DT (emphatize, define, ideate) digunakan untuk memperdalam pemahaman konteks dan kebutuhan pengguna dari sisi kegunaan (usability). Lima elemen UCD dari Jesse James Garrett ditambahkan untuk memperkaya proses digitalisasi dan pembuatan desain antarmuka yang detail.
Hasilnya adalah prototipe aplikasi web mobile high-fidelity yang diuji melalui Usability Testing (UT) dengan tugas dan skenario tertentu. Wawancara mendalam (in-depth interviews) menghasilkan data mendalam, membentuk persona dan mengidentifikasi pain point pelanggan sebagai kunci pengembangan. Alur pengalaman pengguna (user flow) dan proses bisnis SAC yang terdigitalisasi juga dirumuskan.
Analisis data UT menunjukkan tingkat keberhasilan (success rate) 90%. Data dari Maze menunjukkan waktu penyelesaian tugas 2072.23 detik dengan 614 missed clicks. Single Ease Question (SEQ) menghasilkan skor 6.42, dan System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor 87.5 (kualitas A).
Meskipun hasil UT menunjukkan kualitas yang baik, disarankan untuk terus meningkatkan desain high-fidelity pada iterasi selanjutnya karena UCD bersifat iteratif. Tesis ini juga membahas arsitektur informasi, prototipe low-fidelity dan high-fidelity, serta rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut.
Kata kunci dalam penelitian ini adalah: SAC, inovasi, digitalisasi, pengembangan produk, prototipe high-fidelity, UI/UX, dan usability testing. Tesis ini diharapkan memberikan kontribusi pada pendidikan di Indonesia dan dunia, transformasi digital, inovasi, dan pengembangan produk.