Bab ini memberikan tinjauan literatur yang mendasari penelitian tentang evaluasi program pengembangan kewirausahaan. Tinjauan ini membahas teori-teori yang mendukung penelitian, yaitu kewirausahaan, program pengembangan kewirausahaan, dan teori evaluasi program. Selain itu, bab ini mengidentifikasi kesenjangan penelitian yang ada dan menjelaskan penelitian-penelitian sebelumnya terkait program kewirausahaan dan evaluasinya. Tinjauan literatur diperkuat dengan tabel yang merangkum definisi kewirausahaan dari berbagai ahli dan studi-studi sebelumnya. Bab ini juga mengusulkan kerangka penelitian sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut, yang berfokus pada program pengembangan kewirausahaan dengan teori dasar evaluasi program publik, program pengembangan kewirausahaan, dan kinerja program publik. Bab ini juga membahas definisi kewirausahaan, pengusaha, dan perusahaan dari berbagai ahli, menekankan pentingnya kewirausahaan sebagai strategi untuk mengatasi krisis keuangan dan memicu kemakmuran regional. Selanjutnya dijelaskan program pengembangan kewirausahaan (EDP) beserta elemen-elemennya seperti desain program, pelatih, konten, kurikulum, dan layanan pendukung. Bab ini juga membahas evaluasi program, termasuk evaluasi formatif dan sumatif, serta pentingnya melibatkan semua pemangku kepentingan dalam proses evaluasi. Terakhir, bab ini menyoroti tren terbaru dalam evaluasi program pengembangan kewirausahaan, yang meliputi peningkatan penelitian, fokus pada tema-tema inti seperti intensi kewirausahaan dan pendekatan pedagogis, dan perlunya menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam evaluasi EDP. Penelitian ini akan membandingkan evaluasi EDP di Provinsi Jawa Barat dan Sumatra Selatan, Indonesia. Analisis State of the Art (SOTA) menunjukkan bahwa penelitian sebelumnya cenderung menggunakan metode kuantitatif atau kualitatif secara terpisah dan berfokus pada evaluasi sumatif, sehingga penelitian ini akan menggunakan metode campuran untuk memahami evaluasi EDP secara komprehensif dalam konteks pemerintahan. Berdasarkan kesenjangan ini, penelitian mengusulkan kerangka kerja evaluasi EDP berdasarkan faktor keberhasilan EDP Valerio et al (2014) seperti kelengkapan EDP, karakteristik peserta, dan evaluasi kinerja program publik yang disesuaikan dari Dun (2018) yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, responsifitas, dan kesesuaian. Penelitian ini juga mengajukan proposisi terkait hubungan antara kelengkapan EDP, karakteristik peserta, dan kinerja EDP.