Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Intelligent Immersive Tutoring System (IITS) yang ditingkatkan dengan modul author, remedial, dan imersi untuk membantu pelajar yang mengalami kesulitan mencapai tujuan pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan mengadopsi Design Research Methodology (DRM) yang meliputi studi literatur, penentuan permasalahan dan tujuan, pengembangan model dan purwarupa, serta pengujian. Studi literatur dilakukan secara sistematis (SLR) untuk mengidentifikasi teori, model, dan komponen yang relevan. Penentuan masalah dan tujuan menggunakan sintesis untuk mengidentifikasi kendala pembelajaran dan merumuskan hipotesis solusi. Pengembangan model IITS melibatkan penentuan komponen, sintesis model yang ada, dan pembangunan purwarupa pada sisi server (moodle dengan php) dan client (lingkungan virtual dengan avatar). Terakhir, pengujian meliputi evaluasi teoretis algoritma (GA dan BKT), validasi model, serta evaluasi edukatif (penerimaan pengguna dan dampak pembelajaran melalui uji statistik pada kelas kontrol dan eksperimen).