Berikut adalah ringkasan teks dalam maksimal 50 kalimat:
Penelitian ini dilakukan oleh Ethan Josiah Effendi (13316032) dari Program Studi Teknik Fisika ITB, berfokus pada optimisasi pencahayaan alami (PASH) di ruang kelas sekolah hipotetis di Indonesia. PASH penting karena manfaatnya bagi kesehatan siswa, namun desain ruang kelas ramah PASH di Indonesia masih kurang diperhatikan akibat minimnya penelitian berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan mencari solusi optimal untuk kinerja PASH dengan menentukan desain bukaan cahaya dan peneduh eksternal yang ideal menggunakan pemodelan berbasis iklim dan metrik PASH dinamis. Metode penelitian menggunakan algoritma simulasi optimisasi parametrik pada model ruang kelas dengan bukaan bilateral di bawah model langit Tregenza-Perez. Perangkat lunak yang digunakan adalah Honeybee Legacy dan Honeybee untuk simulasi, serta Opossum dengan teknik CMAES dan RBFOPT untuk optimisasi (4 kali dengan 200 iterasi). Hasil optimisasi menunjukkan bahwa model ruang kelas dengan bukaan cahaya dan peneduh eksternal dapat memenuhi standar LEED v4 dan LM-83-12, dengan solusi terbaik diperoleh dari optimisasi RBFOPT. Analisis statistik menunjukkan sifat non-linear dan stokastik dari solusi, sehingga model deterministik kurang disarankan. Metodologi simulasi dan optimisasi ini dapat diterapkan pada bangunan dengan bukaan bilateral di iklim tropis hutan hujan (Af) dan tropis monsoon (Aw). Kata kunci penelitian ini meliputi pencahayaan alami, pemodelan pencahayaan alami berbasis iklim, metrik pencahayaan alami dinamis, dan optimisasi. Penelitian ini ditujukan untuk keperluan pendidikan dan penelitian di area kampus ITB.