Hasil Ringkasan
59 BAB 5 PENUTUP 5.1 Hasil Sidang Akhir Tugas akhir ini telah diujikan secara akademis pada sidang akhir yang diadakan pada tanggal 8 Juni 2009 dan dinyatakan lulus. Namun dalam kesempatan itu juga banyak menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun dari para dosen penguji mengenai hal-hal yang masih bisa diperbaiki mengenai tugas akhir ini. Saran-saran tersebut antara lain : xPak Agung mengkoreksi isi leaflet, bahwa leaflet yang telah dibuat seharusnya ditujukan kepada distributor bukan kepada konsumen langsung. Jika tetap ingin ditujukan kepada konsumen langsung maka alamat yang tertera bukan alamat kantor perusahaan yang ada di Indonesia namun alamat cabang di Australia atau toko-toko yang menjual produknya. Pak Agung juga menambahkan bahwa akan lebih baik bila redesain ini tidak hanya menggarap tampilan kemasannya saja namun juga branding dari produknya sehingga dapat menawarkan konsep desain yang lebih segar dan baru. xSaran dari Pak Indarsyah adalah tentang pentingnya bahwa sebagai seorang desainer tidak cukup hanya mengetahui dan memikirkan visual sebuah desain saja, namun akan lebih baik lagi bila kita mengetahui dari segi marketingnya juga. Secara keseluruhan sidang berjalan dengan lancar. Semua kritik dan saran dapat diterima dengan baik. 5.2 Penutup Pada dasarnya tugas akhir ini adalah sebuah pembelajaran dimana seluruh pengetahuan yang didapat selama hampir empat tahun ini diaplikasikan untuk memecahkan sebuah permasalahan secara desain. Mengingat tugas akhir ini adalah bagian dari pembelajaran maka masih banyak ditemukan kekurangan. Saran dan kritik yang didapat baik pada saat proses pengerjaan maupun saat sidang akhir memberikan banyak masukan yang membangun sehingga dapat menjadi pertimbangan saat mendesain kedepannya. Semoga melalui pengerjaan tugas akhir ini dapat memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak..