OPTIMASI SISTEM PEMBAGIAN TUJUAN DUMPING POINT UNTUK TRUK TRONTON DAN TRINTIN PADA PELABUHAN PT XYZ MENGGUNAKAN DISCRETE EVENT MODELLING Tugas Akhir Diajukan sebagai syarat menyelesaikan jenjang sarjana Strata Satu (S-1) di Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung Oleh : Tegar Abyan Zufar 12120102 PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNIK PERTAMBANGAN DAN PERMINYAKAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2025 ii LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR OPTIMASI SISTEM PEMBAGIAN TUJUAN DUMPING POINT UNTUK TRUK TRONTON DAN TRINTIN PADA PELABUHAN PT XYZ MENGGUNAKAN DISCRETE EVENT MODELLING Diajukan sebagai syarat menyelesaikan jenjang sarjana Strata Satu (S-1) pada Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Institut Teknologi Bandung Bandung, 18 Maret 2025 Disetujui Untuk Institut Teknologi Bandung Oleh: Mahasiswa Pengusul Pembimbing Tegar Abyan Zufar NIM. 12120102 Dr. Eng. Tri Karian, S.T, M.T. NIP. 198704222014041001 iii OPTIMASI SISTEM PEMBAGIAN TUJUAN DUMPING POINT UNTUK TRUK TRONTON DAN TRINTIN PADA PELABUHAN PT XYZ MENGGUNAKAN DISCRETE EVENT MODELLING ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem penentuan tujuan dumping point bagi truk tronton dan trintin di Pelabuhan PT XYZ dengan memanfaatkan pendekatan Discrete Event Modelling (DEM). Latar belakang penelitian ini didasari oleh tingginya volume truk yang masuk ke pelabuhan pada aktivitas pengangkutan batubara, sehingga sistem penentuan tujuan dumping point manual yang dilakukan oleh spotter dinilai kurang optimal karena hanya mempertimbangkan jumlah antrean dan ketersediaan dumping point. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah sistem penentuan tujuan dumping point otomatis yang memanfaatikan Internet of Things (IoT) dan diperlukan algoritma yang dapat menentukan dumping point optimal dengan mengintegrasikan variabel-variabel seperti waktu perjalanan, waktu dumping, dan kondisi operasional dumping point. Metode penelitian melibatkan perancangan DEM untuk mensimulasikan aktivitas operasional pelabuhan. Simulasi dilakukan pada dua kondisi sistem, yaitu saat antrean keseluruhan tersaturasi (tingkat kedatangan truk lebih besar dari tingkat pelayanan dumping point) dan tidak tersaturasi (tingkat kedatangan truk lebih kecil dari tingkat pelayanan dumping point). Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma yang telah dibuat mampu meningkatkan produksi batubara per jam sebesar 2% pada kondisi sistem tersaturasi, serta memfokuskan faktor utilisasi ke dumping point dengan produktivitas tinggi pada kondisi sistem tidak tersaturasi. Penelitian ini diharapkan dapat menyediakan algoritma penentuan dumping point yang optimal dan dapat digunakan pada sistem penentuan tujuan dumping point otomatis PT XYZ. Kata Kunci: Discrete Event Simulation, Pengangkutan Batubara, Optimasi Sistem Pembagian Tujuan iv OPTIMIZATION OF DUMPING POINT DESTINATION ALLOCATION SYSTEM FOR TRONTON AND TRINTIN TRUCKS AT PT XYZ PORT USING DISCRETE EVENT MODELLING ABSTRACT This study aims to optimize the dumping point destination determination system for tronton and trintin trucks at PT XYZ Port by utilizing a Discrete Event Modelling (DEM) approach. The background of this research is driven by the high volume of trucks entering the port during coal transportation activities, which renders the manual dumping point determination system conducted by spotters less optimal since it only considers the number of queues and the availability of dumping points. To address these issues, an automated dumping point determination system was developed utilizing the Internet of Things (IoT), along with an algorithm capable of determining the optimal dumping point by integrating variables such as travel time, dumping time, and the operational conditions of the dumping points. The research methodology involved designing a DEM to simulate port operational activities. The simulation was carried out under two system conditions: when the overall queue is saturated (the truck arrival rate is greater than the dumping point service rate) and unsaturated (the truck arrival rate is less than the dumping point service rate). Test results showed that the developed algorithm was able to increase coal productivity per hour by 2% under saturated system conditions, and it focused utilization on dumping points with high productivity under unsaturated conditions. This study is expected to provide an optimal dumping point determination algorithm that can be implemented in PT XYZ’s automated dumping point destination system. Keywords: Discrete Event Simulation, Coal Transportation, Optimization of Destination Allocation System.