Hasil Ringkasan
69 Bab V Kesimpulan Dan Saran V.1 Kesimpulan Pada penelitian ini telah dilakukan pengembangan spektrum pembebanan kegagalan lelah pada alat transportasi dengan menggunakan sensor smartphone. Berdasarkan hasil dan analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa : 1. Metodologi pengukuran getaran akibat kekasaran lintasan menggunakan smartphone masih memerlukan kajian lebih lanjut, mengingat perbedaan performa dan sensitivitas pada setiap jenis smartphone. 2. Untuk mengembangkan load spectrum yang digunakan dalam perhitungan kegagalan lelah, data hasil pengukuran perlu difilter terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan. 3. Metode pengukuran ini memerlukan penggunaan beberapa jenis smartphone dengan spesifikasi yang seragam, terutama dalam hal kapasitas penyimpanan data, guna memastikan konsistensi hasil. 4. Data pengukuran yang telah difilter berdasarkan kondisi lintasan yang relevan dapat diandalkan untuk menyusun load spectrum secara lebih akurat, sehingga mendukung perhitungan kegagalan lelah dengan lebih baik. V.2 Saran Berdasarkan dari proses pengukuran, pengolahan data dan analisis hasil yang didapat terdapat beberapa saran sebagai berikut: Dalam mengembangkan load spectrum untuk perhitungan kegagalan lelah berdasarkan data dari pengukuran kekasaran lintasan bisa dipakai dengan mengambil data hasil pengukuran yang telah difilter berdasarkan pengukuran sesuai kondisi lintasan dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Lintasan yang pada aspal dan paving mempunyai hasil yang berbeda karena dari sisi permukaan sehingga beberapa jenis permukaan diperlukan untuk kajian lebih lanjut. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan smartphone untuk membuat load spectrum dengan aplikasi Phyphox perlu dibuat perbandingan dengan aplikasi lainnya yang sejenis untuk mengetahui hasil mana yang lebih baik atau lebih mudah dalam proses pengolahan data..